KPU Berharap Partisipasi Pemilih di Aceh Meningkat

oleh
KPU Berharap Partisipasi Pemilih di Aceh Meningkat
KPU Berharap Partisipasi Pemilih di Aceh Meningkat
KPU Berharap Partisipasi Pemilih di Aceh Meningkat

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  mengharapkan partisipasi pemilih pemilu 2014 di Provinsi Aceh meningkat dibanding pemilihan umum sebelumnya.

“Kalau target pemilu secara nasional 75 persen, di Aceh bisa mencapai 80 persen,” kata Ferry Kurnia Rizkiyansyah, anggota KPU, di Banda Aceh, Rabu 20 November 2013.

Pernyataan tersebut disampaikan Ferry dalam kegiatan “KPU Goes to Campus” di Auditorium Aly Hasymi, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Banda Aceh.

Ferry menyebutkan tingkat partisipasi masyarakat dalam tiga kali pemilihan umum legislatif terakhir terus mengalami penurunan. Padahal, pemilu di era 1971 hingga 1997, partisipasi pemilih mencapai 90 persen.

Pada pemilu 1999, kata dia, partisipasi pemilih mencapai 93 persen, Namun, partisipasi pemilih menurun pada pemilu 2004 menjadi 84 persen. Persentase ini juga berkurang hingga 71 persen pada pemilu 2009.

“Untuk pemilu 2014, KPU menargetkan partisipasi pemilih mencapai 75 persen setiap provinsi. Untuk Aceh, kalau bisa di atas 80 persen,” katanya.

KPU, kata dia, secara terus menerus mengupayakan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya terus meningkat. Di antara upaya yang dilakukan dengan menggelar “KPU Goes to Campus”.

“Kampus merupakan wilayah potensial, terutama kalangan pemilih pemula. Dari sosialisasi itu, mahasiswa diharapkan tidak hanya menggunakan hak pilihnya, tetapi menjadi garda terdepan dalam menyosialisasikan pemilu 2014,” kata dia.

Sementara itu, Muhammad, seorang peserta sosialisasi mengatakan, rendahnya partisipasi masyarakat terhadap pemilu karena perilaku yang dipertontonkan politisi, terutama yang duduk di legislatif yang tidak memihak rakyat.

“Akibatnya, masyarakat tidak percaya lagi dengan yang namanya pemilu. Kepercayaan ini harus dibangkitkan, sehingga partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya bisa meningkat,” kata Muhammad.(Red/Ant)