Besok, BBM Hadir Di iPad WiFi Dan iPod Touch

oleh
Besok, BBM Hadir di iPad WiFi dan iPod touch
Besok, BBM Hadir di iPad WiFi dan iPod touch
Besok, BBM Hadir di iPad WiFi dan iPod touch

TEKNOLOGI – Setelah tersedia untuk iPhone, BlackBerry Messenger (BBM) dikabarkan akan menyambangi perangkat berbasis iOS lainnya. Kurang dari 24 jam mendatang layanan BBM dijanjikan akan hadir di iPad dan iPod touch.

Kepala Divisi Layanan BBM, Andrew Bocking mengungkapkan kepada situsSlashGear, mulai besok, Jumat (15/10/2013), BBM akan tersedia untuk iPad versi Wi-Fi dan iPod touch.

Artinya, kini pengguna perangkat Apple yang hanya mendukung jaringan Wi-Fi, tanpa memiliki koneksi 3G, bisa ngobroldengan kontak BBM-nya.

Menurut Bocking, salah satu keunggulan BBM adalah tidak terikat oleh nomor telepon, tidak seperti pesaingnya, WhatsApp. Keunggulan inilah membuat pemilik perangkat iOS tanpa dukungan jaringan 3G, seperti iPad versi Wi-Fi dan iPod touch juga bisa memakai BBM.

Namun, Bocking mengakui saat ini BlackBerry belum mengembangkan aplikasi BBM yang dirancang khusus (native) untuk iPad. Jadi, BBM untuk iPad masih “meminjam” aplikasi BBM iPhone.

BlackBerry masih mengevaluasi penggunaan aplikasi chat populer ini pada perangkat berlayar lebar. Jika dinilai menguntungkan, tak menutup kemungkinan kelak BlackBerry akan membuatnya.

BlackBerry telah meluncurkan BBM untuk Android dan iPhone pada Senin (21/10/2013). Aplikasi resmi BBM lintas platform tersebut dapat diunduh dari tautan ini untuk pengguna Android dan tautan ini untuk pengguna iPhone.

Kehadiran layanan BBM untuk iPhone dan Android menarik banyak perhatian. Mulai dari molornya tanggal peluncuran, beredarnya aplikasi tiruan, hingga pengguna yang harus “mengantre” untuk menikmati layanan ini setelah mengunduh aplikasi.

Walau demikian, hal tersebut tak menghambat 10 juta orang yang meng-install BBM di hari pertama peluncurannya.

Selain di perangkat iOS, aplikasi BBM bisa berjalan di perangkat Android merek apapun asalkan telah menggunakan Android 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean).

Pengguna perangkat iOS dan Android dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak. (Red/km)