Pemkab Aceh Barat Kembangkan Benih Padi Lokal

oleh
Pemkab Aceh Barat Kembangkan Benih Padi Lokal
Pemkab Aceh Barat Kembangkan Benih Padi Lokal
Pemkab Aceh Barat Kembangkan Benih Padi Lokal

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Aceh Barat berencana mengembangkan kembali benih padi lokal miik Kabupaten setempat yang bernama Breuh Peureumee (Beras Pereumeu). Pengembangan benih padi lokal tersebut, rencananya akan dimulai dengan sosialisasi ditingkat kelompok tani nantinya.

Wakil Bupati Aceh Barat,H. Rachmat Fitri,HD, kepada DiliputNews.com,Kamis,(14/11) mengatakan benih padi lokal Breuh Peuremeu merupakan hasil produksi lokal yang dulunya ditanam oleh petani di daerah tersebut, namun kini benih lokal tersebut sudah hilang dari permukaan disebabkan oleh banyaknya benih padi luar yang merambah daerah itu.

“Iya dulu kita memang ada beras lokal yang namanya beras peureumeu. Beras ini dulu merupakan padi yang ditanam petani dikawasan ladang mereka, kita akan coba kembangkan kembali nantinya. Hingga ciri khas Aceh Barat akan kembali muncul” kata Rachmat Fitri.

Menurutnya, selain akan mengembangkan kembali benih padi tersebut Pemkab juga akan mengembangkan benih lokal lainnya yaitu beras sigupai yang dulunya juga menjadi benih padi unggulan di Kabupaten berjulukan Bumi Teuku Umar itu.

Untuk mengembangkan benih padi lokal tersebut, kata dia, Pemkab Aceh Barat akan mendiskusikan dengan instansi terkait serta dengan para petani yang ada, sehingga program yang direncanakan nantinya bisa berjalan dengan baik.

“Nanti kita akan sosialisasi ditengah kelompok tani untuk kembali menanam padi berupa benih padi breuh peuremee, untuk bibitnya akan kita gali dan kita teliti kembali daerah yang masih mengembangkan dan menanamnya,” ujarnya.(Red)