Pemkab Aceh Barat Akan Jalin Kerjasama Dengan Jepang

oleh
Pengembangan Pertanian / Ilustrasi
Pengembangan Pertanian / Ilustrasi
Pengembangan Pertanian / Ilustrasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Guna mewujudkan Aceh Barat sebagai daerah yang maju dibidang pertanian, terutama dalam penguasaan teknologi pertanian Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, akan menjalin kerjasama dengan Negara Jepang.

Kesepakatan awal dalam menjalin kerjasama, juga telah dibahas bersama dengan konsulat jepang yang berada di jakarat, dan rencananya pada tanggal 2 Desember mendatang akan dilakukan seminarisasi yang menghadirkan kedua pihak.

“Pada tanggal 2 Desember mendatang, Aceh Barat akan bekerjasama dengan jepang, Insyaallah juga akan kita lakukan seminar, yang nantinya akan hadir konsulat jepang, dan pihak kita,” kata Wakil Bupati Aceh Barat, Rachmat Fitri HD, kepada DiliputNews.com, Kamis (14/11).

Selain melakukan seminar, kata Rachmat Fitri, nantinya juga akan dilakukan sharing komuditas pertanian, antar daerah bisa saja kota sendai, jepang.

Bukan hanya itu menurut Rachmat Fitri, Pemkab Aceh Barat, nantinya juga akan memberi kesempatan  magang terhadap kelompok tani Aceh Barat, ke Sendai guna mempelajarai teknologi pertanian di Daerah itu.

“Yang jelas nantinya kita akan lakukan sistem People to people (orang per orang) dimana petani jepang magang kemari, dan dari kita magang kesana. Bukan lagi pertukaran lembaga pemerintahan dengan lembaga pemerintahan” ujarnya.

Ia berharap dengan terwujudnya kerjasama tersebut nantinya, maka akan dapat menggenjot hasil produksi pertanian di Aceh Barat, baik yang berhubungan dengan padi, perikanan maupun perkebunan.

Yang paling penting dengan program tersebut, menurutnya adalah bagaimana membentuk kualitas Sumber Daya Manusia ditingkat petani di Aceh Barat, sehingga dalam mengembangkan sektor unggulan Kabupaten tersebut nantinya dapat berjalan dengan lebih baik lagi.

Adanya jalinan kerjasama tersebut, kemungkinan pemerintah Aceh Barat dengan jepang dapat membangun kota Kembar bersama Pemerintah Negeri Sakura itu. “Dengan jalinan kerjasama ini nantinya, kita akan bentuk kota kembar dengan jepang. Dengan melihat dan memperkenalkan produk yang sama disetiap bidang sesuai letak geografis,” imbuhnya.(Red)