Siswa SMA Abdya Periksa Darah Sambut HKN Ke-49

oleh
Siswa SMA Abdya Periksa Darah Sambut HKN Ke-49
Siswa SMA Abdya Periksa Darah Sambut HKN Ke-49
Siswa SMA Abdya Periksa Darah Sambut HKN Ke-49

BLANGPIDIE | DiliputNews.comSiswa sekolah Kelas III jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) melakukan pemeriksaan darah yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Aceh Barat Darah, Selasa (12/11). Kegiatan yang dilaksanakan Dinkes itu dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional atau HKN yang ke-49.

Sektaris Dinas Kesehatan Abdya, Safliati, kepada DiliputNews.com mengatakan kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk mengetahui golongan darah siswa sehingga saat para siswa mengurus kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk maupun Surat Izin Mengemudi nantinya dapat mengetahui golongan darahnya, tanpa harus melakukan pemeriksaan darah ulang.

“Cek darah terhadap sejumlah siswa ini kita lakukan selama dua hari, besok kita akan melakukan hal yang sama juga di SMA Harapan Persada dan SMA Tunas Bangsa,” ungkapnya.

Hasil dari pemeriksaan darah itu, kata Safliati, dari siswa yang berjumlah  203 orang SMA Negeri 1 Blangpidie,paling banyak didominasi oleh golongang darah O dengan jumlah 103 siswa, golongan darah B dengan jumlah 48 siswa, golongan darah A berjumlah 43 siswa , dan golongan darah AB hanya 9 siswa.

Pantauan DiliputNews.com, para siswa SMA Negeri 1 Blangpidie sangat antusias untuk mengetahui untuk ikut dalam kegiatan pemeriksaan darah yang dilakukan Dinas Kesehatan setempat.(Red/Za)