Dinkes Abdya Gelar Jalan Santai Sambut HKN Ke-49

oleh
Dinkes Abdya Gelar Jalan Santai Sambut HKN Ke-49
Dinkes Abdya Gelar Jalan Santai Sambut HKN Ke-49
Dinkes Abdya Gelar Jalan Santai Sambut HKN Ke-49

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Dalam rangka  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 yang jatuh pada 12 November 2013 mendatang, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya menggelar kegiatan gerak jalan santai di halaman Kantor Bupati setempat, Minggu (10/11) pagi.

Kegiatan jalan santai dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya, Drs Ramli Bahar dengan rute pengambilan  start dari halaman depan Kantor Bupati Abdya menelusuri jalan kompleks perkantoran Abdya Kawasan Bukit Hijau Gampong Keude Paya Kecamatan Blangpidie dan finish di halaman Kantor Dinkes Abdya.

Peserta gerak jalan santai terdiri dari para unsur pegawai Dinkes, tenaga kesehatan seluruh Puskesmas dan rumah sakit disertai dengan anggota keluarga masing-masing.

Sekda Abdya, Drs Ramli Bahar menghimbau masyarakat untuk menerapkan cara hidup sehat, salah satunya dengan menkonsumsi makanan yang sehat.

“Perhatikan kandungan gizinya, sesuaikan untuk kesehatan, jangan hanya berdasarkan selera, serta jauhi kebiasaan yang merusak kesehatan,” ujar Sekda Ramli Bahar.

Apresiasi juga diberikan Pemkab Abdya terhadap sejumlah kegiatan yang diadakan dalam rangka menyambut HKN ke-49 tersebut, hal itu sebagai salah satu ajang sosialisasi dan promosi hidup sehat dan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinkes Abdya, Martunis MKes didampingi Sekretaris Dinkes, Safliati MKes kepada DiliputNews.com mengatakan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk menyemangatkan perayaan HKN serta untuk memotivasi para pahlawan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Peringatan HKN ke-49 untuk memotivasi para tenaga kesehatan agar lebih giat dalam melayani masyarakat, selain itu sebagai momentum menuju masyarakat Indonesia yang sehat, mandiri dan berkeadilan. Sehat itu mahal, apalagi berobat jadi jaga kesehatan agar tidak sakit,” ungkap Martunis.

Tambahnya, Jaminan kesehatan sangat penting sebagai upaya pelayanan kesehatan yang mencakup pelayanan kuratif dan rehabilitatif, harus diwujudkan bagi seluruh masyarakat secara merata, bermutu dan berkeadilan. “Tidak kalah penting adalah upaya pencegahan agar tidak sakit, salah satunya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tuturnya dilokasi pelaksanaan jalan santai.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Iswadi SKM,  mengatakan, kegiatan gerak jalan santai dan pengobatan masal bertujuan untuk mendorong masyarakat menerapkan pola dan cara hidup sehat.

Iswandi juga menyebutkan, selain itu Dinkes juga melaksanakan pengobatan masal yang juga tidak kalah meriahnya dengan gerak jalan santai, sebab kesadaran masyarakat sangat tinggi untuk berobat.

“Masyarakat sangat mendukung dan antusias dengan adanya pengobatan massal yang kita lakukan itu, sebab mereka dapat terbantu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Selain itu dia juga menyebutkan pada Selasa mendatang, pihaknya akan menggelar cek golongan darah gratis bagi siswa kelas III SMA yang berlangsung di empat lokasi diantaranya, SMA Harapan Persada, SMA Tunas Bangsa, SMA 1 Blangpidie dan MAN Blangpidie.(Red/Zal)