Pemkab Aceh Barat Terima 8 Unit Mobil Angkutan Barang

oleh
Pemkab Aceh Barat Terima 8 Unit Mobil Angkutan Barang
Pemkab Aceh Barat Terima 8 Unit Mobil Angkutan Barang
Pemkab Aceh Barat Terima 8 Unit Mobil Angkutan Barang

MEULABOH | DiliputNews.com – Kementrian Desa Tertinggal Republik Indonesia, menyerahkan sebanyak delapan unit mobil angkutan barang jenis colt diesel kepada pemerintah Kabupaten Aceh Barat, melalui Dinas Perhubungan Dan Telekomunikasi (Dishubtel) Aceh Barat.

Kepala Dishubtel Aceh Barat, Syahluna Polem,Kamis,(7/10) mengatakan mobil yang diserahkan Kementrian Desa tertinggal itu guna membantu kelancaran transportasi angkutan barang bagi Desa tertinggal.

“Rencananya mobil angkutan barang itu nantinya kita serahkan ke desa-desa tertinggal, hingga nanti masyarakat yang ingin mengangkut komoditi mereka jadi mudah,” ujarnya.

Syahluna menambahkan, dengan adanya mobil angkutan barang itu nantinya akan meringankan pengeluaran masyarakat dalam mengangkut komoditi lokal milik masyarakat yang ada di Desa, pasalnya masyarakat hanya menanggung biaya operasional mobil dan jasa supir.

Penyerahan mobil itu, kata dia, akan diprioritaskan bagi Desa yang memiliki usaha bersama seperti koperasi, atau lembaga lainnya yang memiliki badan hukum yang mengikat dan dikelola oleh lembaga tersebut.

Untuk calon penerima atau Desa yang akan dihibahkan nantinya, kata Syahluna, hingga saat ini pihak pemerintah kabupaten belum menetapkan lantaran hingga saat ini masih dalam survey bagi Desa yang berhak menerima.

Selain itu, kata dia, pihak Pemkab Aceh Barat juga akan duduk bersama guna membahas lebih lanjut terkait penerima mobil angkutan itu.

“Nanti mereka (Badan Usaha)  juga akan di Bina oleh Dinas terkait seperti Dinas Perdagangan dan Koperasi setempat, ataupun pihak kecamatan dalam pengelolaan mobil itu. Kita hanya menerima sementara dari pihak kementrian” ungkapnya.

Selama belum ada calon penerima terhadap mobil angkutan barang tersebut, kata dia, Dinas-Dinas dibawah Pemkab setempat dapat menggunakan dengan tenggang waktu selama satu tahun.(Red)