499 CPNS Abdya Ikuti Tes Ujian Masuk PNS

oleh
Tes CPNS / Ilustrasi
Tes CPNS / Ilustrasi
Tes CPNS / Ilustrasi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Sebanyak 499 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum, Minggu, (3/11),mengikuti tes ujian masuk PNS, dari seribu lebih CPNS yang sebelumnya mendaftarkan diri sebagai pelamar melalui sistem online untuk Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Selain seleksi ujian masuk PNS dari jalur umum, juga terdapat sebanyak 434 prang yang mengikuti tes ujian masuk  dari tenaga honorer Kategori Dua (K-2).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Abdya Drs. Yafrizal yang dihubungi DiliputNews.com, Minggu (3/11),  menjelaskan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) hanya memberikan formasi CPNS, bagi jalur umum tahun 2013 ini untuk tenaga guru tingkat Sekolah Dasar  sebanyak 5 orang dan guru produktif (SMK) sebanyak 45 orang.

“Berdasarkan Surat Edaran Men PAN dan RB, Nomor: SE/10/M.PAN-RB 08/2013 tanggal 21 Agustus 2013, yang ditandatangani Men PAN dan RB, Azwar Abubakar, bahwa formasi CPNS jalur umum tahun 2013 khusus tenaga guru kelas (guru SD) dan guru produktif (guru SMK) sebanyak 50 orang untuk Pemkab Abdya, sementara untuk K-2 tidak dibatasi hanya saja dilihat dari hasil yang diperolahnya nanti,” jelasnya

Yafrizal menambahkan , ada empat formasi yang masih kosong dan tidak ada pelamarnya yaitu masing-masing jurusan Geologi Pertambangan, dari yang dibutuhkan dua orang satupun tidak ada yang melamar,  jurusan Budidaya Perikanan, dibutuhkan empat namun yang melamar hanya dua orang.

“Terhadap formasi yang kosong dan minim pelamar tersebut sudah disampaikan ke Menpan RI, jadi sekarang hanya tersisa formasi sebanyak 46 orang,” terangnya.

Untuk ujian masuk PNS, kata dia, pelaksanaan tes tertulis menggunakan sistem lembaran jawaban komputer (LJK) dilaksanakan di dua lokasi yaitu SMA Negeri 1  Blangpidie dan SMP 2 Blangpidie dengan materi ujian tentang tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB).

“Uji TKD untuk jalur umum dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB sedangkan untuk honorer K-2 mengkuti dua uji diantaranya uji TKD dari pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan uji TKB hingga pukul 14.00 WIB,” jelasnya.

Sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya kendala berarti, hanya ada satu peserta yang bermasalah untuk administrasinya, yakni tidak membawa KTP ketika hendak mengikuti ujian.

“Secara garis besar, pelaksanaan tes lancar, tidak ada masalah, sebab kami pun juga sudah melakukan langkah-langkah antisipasi,” ucapnya.

Yafrizal menjelaskan, pelaksaan tes tulisan bagi pelamar umum dengan dengan sistem LJK yang dilaksanakan pada hari ini berdasarkan hasil rapat Kepala BKPP se-Aceh beberapa waktu lalu.

“Hal itu sudah disepakati bahwa tes CPNS bagi pelamar umum dilakukan dengan sistem LJK atau ujian tulis,”  terang Yafrizal. (Red/Zal)