100 Pecatur Aceh Bersaing Di Pra PORA

oleh
Catur / Ilustrasi
Catur / Ilustrasi
Catur / Ilustrasi

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Sebanyak 100 pecatur dari 20 kabupaten dan kota di Provinsi Aceh akan berlaga pada Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) di Banda Aceh, 5-11 November 2013.

Ketua Umum Pengprov Percasi Aceh Aldin NL di Banda Aceh, Kamis menyatakan, pada Pra PORA tersebut menpertandingkan nomor standar klasik katagori beregu putra, perorangan putra dan perorangan putri.

Peringkat 1-7 masing-masing katagori lolos ke PORA yang akan berlangsung di Kabupaten Aceh Timur, Juni 2014.

Kabupaten Aceh Timur (otomatis lolos sebagai tuan rumah Pra PORA), sedangkan Aceh Jaya dan Aceh Tengah dapat dipastikan absen, karena hingga batas akhir pendaftaran, Rabu (30/10) belum ada kabar.

Aldin yang didampingi Sekretaris Umum Pengprov Percasi Aceh Sudirman Mansyur WMN, PNM menyatakan, untuk mendukung event tersebut pihaknya telah membentuk tim wasit sebagai pelaksana teknis pertandingan berjumlah delapan orang.

Tim tersebut terdiri dari seorang inspektur pertandingan (IP), seorang wasit ketua, wasit beregu putra, wasit catur perorangan putra, wasit perorangan putri masing-masing dua orang.

Aldin menyebutkan, personel tim wasit catur Pra PORA ini telah memiliki gelar wasit yang disyahkan oleh PB Percasi dan ditetapkan dengan surat keputusan (SK) Pengprov Percasi Aceh tertanggal 30 Oktober 2013.

Disebutkan, para wasit ditetapkan bertugas di Pra PORA setelah permintaan Pengprov Percasi Aceh kepada Pengkab/Pengkot masing-masing, menunjuk seorang wasit.

Wasit yang ditunjuk telah membuat surat pernyataan bersedia menjadi wasit di Pra PORA.

Ditegaskannya, sesuai ketentuan personel tim wasit tidak boleh terlibat sebagai anggota atau official tim/kontingen daerahnya di Pra PORA.

Dijelaskannya, tim wasit tersebut didampingi tim delegate catur PORA yang ditetapkan KONI Aceh, yakni Teuku Ardiansyah yang melaksanakan tugas mulai dari verifikasi keabsahan atlet, menentukan kelayakan sarana dan prasarana hingga teknis pertandingan.

Ia menyatakan, Pengprov Percasi Aceh berupaya melaksanakan Pra PORA ini dengan sebaik-baiknya, sehingga berlangsung sportif dan menghasilkan atlet berkualitas lolos bermain di PORA XII Juni 2014 di Aceh Timur.

Wasit Pra PORA 1. Inspektur Pertandingan (IP) : Sudirman Mansyur WNM, PNM 2. Wasit Ketua/Pairing : Annisa Faraliana WN 3. Wasit Beregu : Nawawi Rambe WNM 4. Wasit Beregu : Herdian WNM 5. Wasit Nomor Perorangan Putra : Ir. Satria Ediansyah WNP 6. Wasit Nomor Perorangan Putra : Dedi WNP 7. Wasit Nomor Perorangan Putri : Asep Sopian WNP 8. Wasit Pembantu Perorangan Putri/tehnis Jam Catur : Muslim PNP.(Red/Ant)