KIP Aceh Barat Bersihkan Atribut Partai

oleh
KIP Aceh Barat Bersihkan Atribut Partai
KIP Aceh Barat Bersihkan Atribut Partai
KIP Aceh Barat Bersihkan Atribut Partai

MEULABOH  | DiliputNews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, membersihkan rutusan atribut partai dan calon Anggota Legeslatif (Caleg) yang selama ini dipasang di seputaran kota Meulaboh.

“Pembersihan ratusan atribut partai tersebut, dilakukan setelah adanya rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu Aceh Barat yang meminta atribut itu dibersihkan,” kata Ketua KIP Aceh Barat, Bahagia Idris, Kamis (31/10).

Menurut dia, pencopotan atribut partai tersebut diduga melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau PKPU Nomor 15 Tahun 2013.

Selain mencopot atribut partai kata Bahagia Idris pihaknya bersama bersama satpol PP dan WH Aceh Barat juga membersihkan bendera merah putih yang ddipasang berdampingan dengan atribut partai.

Bahagia mengaku, sebelum dilakukan pencopotan atribut tersebut, pihak KIP Aceh Barat, sebelumnya sudah melakukan sosialisasi dan menyurati ke peserta pemilu, agar menertipkan atribut sesuai peraturan KPU.

“Dari ratusan atribut yang dicopot, mayoritas pelanggaran Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2013, saat ini hanya Partai NasDem bersih dari pelanggaran, sebab belum adanya temuan terhadap atribut partai tersebut yang dipasang melanggar aturan,” kata nya.

Sementara terkait pencopotan bendera merah putih, Bahagia menuturkan adanya permintaan Pemkab Aceh Barat, sebab Kota Meulaboh tahun ini ikut serta dalam penilaian  lingkungan serta kebersihan untuk memperoleh Adipura.

Katanya lagi, pemasangan bendera merah putih yang berdampingan dengan atribut partai, telah berkomunikasi dengan pihak Kodim dan Polres Aceh Barat, mereka mengaku bukan dipasang oleh pihaknya.

“Siapa yang memasang kita belum bisa pastikan. Tapi setelah kita hubungi Dandim dan Kapolres Aceh Barat mereka mengaku tidak tahu siapa yang pasang bendera tersebut,” ungkapnya. (Red/Af)