21 Calon Panwascam Abdya Tes Wawancara

oleh
21 Calon Panwascam Abdya Tes Wawancara
21 Calon Panwascam Abdya Tes Wawancara
21 Calon Panwascam Abdya Tes Wawancara

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Tahap proses seleksi calon Panitia Pengawas Pemilu untuk tingkat Kecamatan atau Panwascam, Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan test wawancara, yang dilaksanakan, Senin,(28/10) oleh Panitia Pengawas Pemilu setempat.

Ketua Panwaslu Abdya, Rahmah Rusli, kepada DiliputNews.com, mengatakan kegiatan wawancara tersebut dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai hari ini hingga Rabu, 30 Oktober mendatang.

Test wawancara yang berlangsung itu, menurut Rahma, diikuti oleh 21 peserta dari Sembilan kecamatan yang tersebar di Kabupaten setempat. Untuk test pada hari ini, kata dia, diikuti oleh tiga kecamatan terlebih dahulu yang mencakup Kecamatan Bahbahrot, Kuala Batee dan Kecamatan Jeumpa.

Untuk test wawancara,kata dia, akan berlangsung dari pagi hingga sore, yaitu dari pukul 09.00 Wib hingga pukul 15.30 Wib. Bertempat di gedung Panwaslu, tepatnya berada di Gampong Kuta Tuha Kecamatan Blang Pidie

“Enam kecamatan lainnya dilaksanakan test wawancara sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh pihak Panwaslu Abdya yaitu pada hari Selasa dan lusa,” ujarnya..

Untuk penguji Test tersebut, kata Rahma, langusng dilakukan oleh dia selaku ketua panwaslu, dan juga Ilman Syahputra dan Fahrul Rizha Yusuf selaku pengurus Panwaslu Abdya.

“Untuk materi yang akan diberikan kepada calon panwascam yaitu pengetahuan tentang Pemilu,” tambahnya.

Para calon Panwascam yang akan direkrut nantinya menurut Rahma bukan hanya memahami peraturan perudang- undangan akan tetapi juga harus didukung dengan integritas selaku calon panwascam.

Ia juga berharap para calon Panwascam yang terpilih nantinya harus bekerja sesuai netral tanpa memihak kepada parpol maupun calon anggota legeslatif.

“Dan apabila di temukan pelanggaran selama bekerja di lapangan maka harus dievaluasi atau ditindak lanjuti,” tegasnya.

Dari 21 peserta yang ikut test wawancara tersebut menurutnya, tiap kecamatan akan di pilih tiga orang yang akan dipilih menjadi anggota Panwascam setelah mengikuti berbagai test yang telah ditentukan.

Untuk pengumuman hasil test wawancara yang dilaksanakan selama tiga hari ini, menurutnya akan diumumkan tepatnya pada tanggal 4 November mendatang, dengan mengumumkan hasil test di Kantor Panwaslu, Kantor Kecamatan maupun disitus jejaring sosial Facebook milik Panwaslu setempat.(Red/RH)