Dishutbun Abdya Salurkan 5.400 Batang Bibit Cengkeh

oleh
Bibit Cengkeh / Ilustrasi
Bibit Cengkeh / Ilustrasi
Bibit Cengkeh / Ilustrasi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Dinas Kehutanan dan Perkebunan atau Dishutbun Aceh Barat Daya (Abdya) membagikan 5.400 bibit cengkeh kepada salah satu kelompok tani yang berada di Kecamatan Manggeng.

Kelompok tani yang mmperoleh bantuan bibit cengkeh itu merupakan kelompok tani Agam Jemot yang tergabung dari beberapa disa dikecamatan tersebut, diantaranya Desa Padang, Seuneulop, Tengah,Suka Damai dan Lembah Sabil.

Bibit cengkeh yang dibagikan tersebut kini telah disatu tempat dan rencanya akan di bagikan kepada kelompok tani tersebut, hal itu dikatakan oleh ketua Kelompok Agam Jemot, kepada DiliputNews.com, Minggu,(27/10).

“Bibit itu untuk di tanam, bukan untuk dipendam, kita membagikannya kepada anggota kelompok yang benar-benar memiliki lahan, kalau tidak ada lahan kita tidak berikan bibit itu,” kata dia.

Menurut Budi,  bibit yang telah diberikan oleh Dishutbun tersebut, saat ini telah ditampung disalah satu tempat penampungan milik kelompok itu yang berada di Desa Suka Damai.

Dari 5.400 bibit cengkeh bantuan terebut menurutnya akan ditanam di kebun masyarakat seluas 30 Hektar, yang berada tepat dilereng gunung milik para petani tersebut.

Sementara itu Pengawas Lapangan dari Dishutbun Abdya, Musliza, scara terpisah mengatakan apabila bibit tersebut dalam jangka waktu yang telah ditetapkan namun tidak ditaman maka pihak dinas tersebut akan menarik kembali bibit yag telah disalurkan itu.

“Apabila tidak ditanam dalam waktu 30 hari maka pengurus kelompok atau pun pihak Dishutbun berhak menarik kembali bibit tersebut,” kata dia.

Untuk memastikan bibit itu benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan pihak Dinas tersebut, maka pihaknya akan melakukan pengawasan pada kelompok tani yang telah menerima bibit cengkeh yang disediakan Pemerintah setempat, yang dibeli dengan harga 800  Rupiah perbatangnya.(Red/Zal)