Aktivis HAM Aceh Gelar Aksi Kami Melawan Lupa

oleh
Aktivis HAM Aceh Gelar Aksi Kami Melawan Lupa
Aktivis HAM Aceh Gelar Aksi Kami Melawan Lupa
Aktivis HAM Aceh Gelar Aksi Kami Melawan Lupa

BANDA ACEH | DiliputNews.com –  Puluhan Aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) Aceh dan mahasiswa kembali melakukan aksi Kami Melawan Lupa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Rabu (23/10) di Banda Aceh.

Pantauan DiliputNews.com, aksi “Kami Melawan Lupa” tersebut mengusung berbagai poster dan spanduk, terlihat juga 24 foto korban pelanggaran HAM dihadapan meraka sambil duduk diam dengan kedua mata tertutup kain hitam.

Dalam selebarannya, para aksi menuntut agar negara bertanggung jawab dan mengungkap kasus-kasus tindak kekerasan yang terjadi di Aceh, sebab sudah tujuh tahun korban menunggu sebuah keadilan.

“Tujuh tahun sudah korban pelanggaran HAM menunggu pengungkapan kebenaran atas sebuah kejahatan yang dilakukan Negara, yaitu kekerasan yang dilakukan TNI dan Polri di masa lalu,” kata Koordinator aksi, Muhammad Azhari.

Ia juga mengatakan, korban HAM Aceh sampai saat ini juga menunggu pembentukan Qanun Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) oleh Pemerintah Aceh. Sebab selama ini kita menilai pemerintah terlihat tidak serius dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran tersebut.

“Pemerintah Aceh tidak serius menyelasaikan kasus pelanggaran yang terjadi di Aceh masa lalu, buktinya Qanun KKR dan pengadilan HAM belum disahkan, sudah berapa kali masuk dalam qanun prioritas, namun tak kunjung disahkan, ” pungkasnya.(Red/Hn)