Caleg Aceh Barat Pasang Atribut Di Pohon

oleh
Caleg Aceh Barat Pasang Atribut di Pohon
Caleg Aceh Barat Pasang Atribut di Pohon
Caleg Aceh Barat Pasang Atribut di Pohon/Ilustrasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Sebagian besar calon legislatif (caleg) 2014 di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, lebih menyukai memasang atribut kampanye di pohon, karena lebih praktis, meskipun hal itu melanggar peraturan.

Pokja Kampanye dan Pemantauan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Saiful Asra di Meulaboh, Rabu mengatakan, selain itu caleg juga memilih memajangkan atribut mereka di tempat umum seperti jembatan dan pagar masjid.

“Kita sudah menyurati Satpol PP untuk segera menertibkan dan mencabut atribut yang dipasang di pohon dan di tempat umum seperti di jembatan, karena tempat terlarang,” katanya.

Kata dia, KIP bersama unsur Muspida Aceh Barat sudah menetapkan zona penempatan alat peraga kampanye, bahkan memberi kelonggaran kepada partai politik boleh memasang alat peraga kampanye bersifat individu di tempat pribadi.

Harusnya menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15/2013 tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye, partai politik hanya dibenarkan dalam satu desa memasang dua alat peraga yakni satu berbentuk papan reklame berukuran 5×10 meter dan satu baliho.

Selain itu, sebut Saiful, partai politik peserta kampanye di wilayah itu dinilai kurang dewasa dalam berpolitik, hal tersebut dibuktikan oleh mengabaikan peraturan pemilu padahal sudah diketahui.

“Kedewasaan partai politik ini menjadi cerminan demokrasi pemilu di Aceh Barat. Kita sangat mengharapkan aturan yang sudah diketahui ditaati, bukannya dilanggar,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, sejumlah tahapan sosialisai melalui pertemuan dengan seluruh partai politik peserta pemilu harusnya sudah dapat menambah kedewasaan mereka, namun hal itu yang tidak terlihat.

Ia menyatakan, pihaknya tidak ingin menyebutkan partai politik mana yang dominan melakukan pelanggaran demikian, karena seluruh partai politik dianggap sama yakni tidak mentaati peraturan Pemilu 2014.

Aceh Barat akan mengikuti pemilu legislatif serentak 9 April 2014 dengan 421 orang caleg berasal dari 12 partai politik nasional dan tiga partai politik lokal memperebutkan 25 kursi dewan dalam lima daerah pemilihan.(Red/Ant)