Devi Intan Chadijah, Perempuan Wakili Aceh Ke Tingkat Nasional

oleh
Devi Intan Chadijah
Devi Intan Chadijah
Devi Intan Chadijah

MEULABOH | DiliputNews.com – Devi Intan Chadijah (21), Kabid Pemberdayaan Perempuan di Forum Komunikasi Pemuda Nagan Raya (FK-PNR) Kabupaten Aceh Barat, yang juga tercatat sebagai mahasiswi semester V pada jurusan Sosiologi di Fisip Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, kini berhasil lolos sebagai peserta Forum Indonesia Muda yang mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional yang akan berlangsung di Cibubur, Jakarta Timur, pada tanggal 25 Oktober-2 November 2013 mendatang.

Gadis kelahiran Meulaboh, 1 Juni 1993 silam ini berhasil menyisihkan 1.975 orang peserta yang mengikuti seleksi kegiatan ini pada bulan September lalu yang dilaksanakan secara online melalui internet, dan lolos bersama 120 peserta lainnya yang berasal dari 33 Provinsi di Indonesia, setelah mengikuti berbagai tahapan tes yang dilaksanakan.

Forum Indonesia Muda adalah adalah sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi maupun organisasi kepemudaan di Indonesia, dari Aceh hingga Papua, bahkan pemuda Indonesia yang berada di luar negeri. Setiap tahunnya, forum ini mengadakan pelatihan nasional yang menghimpun pemuda Indonesia terbaik dari berbagai penjuru dunia.

Disini, pemuda Indonesia yang berhimpun itu, akan bertemu dengan tokoh-tokoh nasional, berbagi gagasan, inspirasi dan kepedulian untuk bangsa yang amat mereka cintai.

Devi Intan Chadijah mengaku senang dengan terpilihnya ia sebagai satu-satunya peserta dari Aceh, untuk mengikuti kegiatan ini di Jakarta dan akan bergabung dengan 120 peserta lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Ia mengaku tidak menyangka akan bisa terpilih untuk mengikuti kegiatan ini, karena peserta yang ikut mendaftarkan diri dalam kegiatan tersebut sebanyak 1.975 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. “Alhamdulilah, semoga kegiatan ini nantinya bermanfaat bagi daerah, bangsa dan negara, khususnya kepada masyarakat dan orangtua,” kata gadis yang mempunyai lesung pipi ini.

Meski sibuk kuliah dan berorganisasi, namun tidak menyurutkan keinginan dirinya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena nantinya dalam kegiatan Forum Indonesia Muda ini turut menampilkan kebudayaan dari setiap daerah, dan Intan mengaku akan menampilkan kebudayaan Aceh dalam kegiatan dimaksud.

Apalagi, dalam kegiatan ini setiap peserta nantinya akan mengikuti sejumlah kegiatan diantaranya pelatihan kepemimpinan (leadership), lifeskill trainning (pelatihan keahlian), seminar, serta sejumlah kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia,” katanya.

Gadis yang merupakan Duta Nusantara Remaja dalam kegiatan Kapal Pemuda Nusantara yang dilaksanakan oleh Kemenpora RI tahun 2012 lalu ini juga bertekad, dalam kegiatan ini ia mampu memberikan yang terbaik bagi daerah dan berusaha untuk mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional maupun internasional.

“Mohon doanya, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua masyarakat nantinya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum FK-PNR Kabupaten Aceh Barat Dedi Iskandar SE didampingi Sekjen FK-PNR Desi Jumaidir kepada DiliputNews.com mengatakan, pihaknya bersyukur dan senang atas terpilihnya Devi Intan Chadijah sebagai perwakilan Aceh yang akan mengikuti kegiatan Forum Indonesia Muda di Jakarta.

Ia berharap prestasi yang diraih oleh Devi ini mampu memberikan motivasi bagi kaum perempuan dan pemuda di Nagan Raya termasuk Aceh Barat dan generasi muda di Aceh, sehingga diharapkan akan terus mengukit prestasi di tingkat daerah, nasional hingga ke mancanegara.

Dedi mengakui keberhasilan Devi ini akan terus dijadikan sebagai sarana untuk mencari bakat generasi muda lainnya khususnya di kalangan FK-PNR Aceh Barat, sehingga nantinya akan melahirkan generasi yang memiliki wawasan luas serta memiliki kemampuan sebagai calon pemimpin terbaik di masa depan, katanya. (Red/Af)