KIP Aceh Larang Caleg Pasang Atribut Kampanye Di Pohon

oleh
Atribut Kampanye Di Pohon / @Foto Antara
Atribut Kampanye Di Pohon / @Foto Antara
Atribut Kampanye Di Pohon / @Foto Antara

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh melarang para peserta pemilu 2014 atau calon legislatif (caleg) memasang atribut kampanye yang mengganggu keindahan kota.

“Kita himbau kepada caleg agar tidak memasang atribut kampanye ditempat umum, seperti di Masjid, tiang listrik dan di batang pohon,” kata ketua KIP Aceh Ridwan Hadi, di Banda Aceh, Minggu (20/10).

Ia menjelaskan larangan tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengatur antara lain mengenai ukuran alat peraga kampanye seperti Baliho atau Papan Reklame, termasuk dan pelarangan dalam pemasangan alat peraga kampanye yang meliputi gedung-gedung Pemerintah, sarana Ibadah, tempat Pendidikan, Pelayanan Kesehatan.

“Larangan mengenai zona kampanye,peserta Pemilu 2014 harus juga memperhatikan prinsip estetika, ramah lingkungan, dan keindahan kota,” ujarnya.

Ridwan Hadi menambahkan, caleg memasang atribut kampanye atau baliho juga harus mendapat izin, “Setiap wilayah Kabupaten/kota sudah ditetapkan zona atau tempat mana saja yang boleh dipasang baliho,” katanya menambahkan.

Jika ada terdapat pemasangan spanduk dan baliho tidak sesuai aturan, kata Ridwan Hadi, merupakan pelanggaran admistrasi dan kita akan berikan teguran dan sanksi kepada pemilik atribut tersebut. (Red)