Pemkab Aceh Selatan Kembali Kembangkan Komoditi Pala

oleh
Bupati Aceh Selatan, H T Sama Indra, SH
Bupati Aceh Selatan, H T Sama Indra, SH
Bupati Aceh Selatan, H T Sama Indra, SH

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, akan mengembangkan kembali perkebunan pala sebagai komoditi unggulan di Kabupaten Aceh Selatan. Hal tersebut dikatakan Bupati Aceh Selatan, H T Sama Indra, SH, Sabtu (5/10).

Dikatakan Sama Indra, perkebunan pala di Kabupaten Aceh Selatan, dalam satu decade ini mulai diserang berbagai hama, sehingga banyak pohon pala milik masyarakat musnah.

“Mulai saat ini kita sudah mulai kembangkan lagi dan mencari solusi terhadap hama yang menyerang perkebunan pala di Aceh Selatan,” ungkap Sama Indra.

Sama Indra mengaku, selama ini pemerintah sudah menangani dan memulai mengembangkan lagi perkebunan pala di kabupaten Aceh Selatan.

“Sudah mulai kita tangani dengan memberikan semangat kembali kepada masyarakat, bahwa kalau ada satu batang pala yang terkena hama, maka masyarakat harus siap menanam seribu pohon, istilahnya mati satu tumbuh seribu,” ujarnya.

Selain itu, selama ini pemerintah Kabupaten Aceh Selatan juga sudah memberikan bantuan bibit pala kepada masyarakat. Namun yang belum terselesaikan mengatasi penyakit hama pala itu sendiri.

“Kita sudah melakukan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan pada tanggal 8 oktober 2013 nanti, melalui dinas pertanian akan mengajak mereka untuk melakukan penelitian di kabupaten Aceh Selatan tentang hama pala ini,” kata Sama Indra. (Red/Af)