Pemerintah Aceh Diminta Selesaikan Konflik Lahan PT SIR

oleh
Pemerintah Aceh Diminta Selesaikan Konflik Lahan PT SIR
Pemerintah Aceh Diminta Selesaikan Konflik Lahan PT SIR
Pemerintah Aceh Diminta Selesaikan Konflik Lahan PT SIR

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Aceh diminta agar dapat menyesaikan persoalan yang terjadi di wilayah HGU perkebunan perusahaan PT Sari Inti Rakyat (SIR), permintaan itu disampaikan Bupati Aceh Barat, H T Alaidinayah, Sabtu (05/10).

“Persoalan Konflik Lahan PT SIR dengan masyrakat dan alih fungsi lahan, kita minta Pemerinta Provinsi Aceh dapat menyelesaikannya,” kata H T Alaidinayah.

Penyelesaian berbagai persoalan yang terjadi di wilayah HGU perkebunan perusahaan tersebut, dikatakan Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah, tingkat daerah sudah menghadapi perusahaan tersebut, namun perusahaan tersebut membandel.

“Pemkab Aceh Barat sudah berulang kali memanggil dan meminta perusahaan tersebut untuk taat aturan berkaitan dengan pengelolaan dan pemanfaatan HGU, namun perusahaan tersebut mengabaikan,” kata Alaidinsyah.

Ia menjelaskan, ada beberapa persoalan yang terjadi yang harus diselesaikan diantaranya terkait penelantaran lahan HGU oleh perusahaan itu, dan persoalan menyangkut pengalihan fungsi lahan dari seharusnya karet menjadi sawit.

Lebih lanjut, kata Alaidinsyah, jika wewenang pencabutan izin PT SIR ada di Pemerintah Aceh Barat, Bupati sendiri akan mencabutnya, namun ini bukan wewenang kita.  “Makanya kita minta pihak Pemerintah Aceh dapat menyelesaikannya,” katanya menambahkan.

Menurut Tito, seharusnya perusahaan itu seharusnya memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan dan juga menyangkut dengan tenaga kerja. Jika persoalan tersebut tidak segera diatasi maka dikwatirkan akan terjadi konflik berkepanjangan antara perusahaan dengan masyarakat.

“Kondisi kesejahteraan masyarakat sangat memprihatinkan, Kita sudah capek mengingatkan, bahkan kita tidak dianggap, mudah-mudahan dengan ditangani provinsi persoalan ini selesai,” ujarnya.(Red/Af)