Wakil Ketua DPRA Tinjau HGU Milik PT SIR

oleh
Lokasi Perkebunan PT SIR
Wakil Ketua DPRA Tinjau HGU Milik PT SIR
Wakil Ketua DPRA Tinjau HGU Milik PT SIR

MEULABOH | DiliputNews.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Sulaiman Abda, bersama anggota DPRA dari fraksi Golkar Sabtu (5/10) meninjau Hak Guna Usaha (HGU) milik PT Sari Inti Rakyat (SIR).

Peninjuan tersebut Sulaiman Abda, didampingi langsung oleh Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah, Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, Herman Abdullah, anggota DPRK Aceh Barat, Rizwan MA dan Abdul Kadir serta jajaran SKPK Pemkab Aceh Barat.

“Kedatangan ke lahan PT SIR ini untuk menindak lajuti laporan dari Pemerintah Aceh Barat terhadap persoalan pelanggaran lahan HGU yang dimiliki perusahaan tersebut seluas 4293, 7 Hektar,” kata Sulaiman Abda.

Ia menjelaskan, laporan Pemerintah Aceh Barat Lokasi HGU milik PT. SIR selama ini merupakan lahan yang masih terjadi sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan.

“Pihak PT SIR tidak patuh dengan aturan dalam pengelolaan HGU dan perusahaan ini juga melakukan alih fungsi lahan dari sebelumnya izin untuk pengelolaan kebun karet di alihkan ke kebun sawit,” ujarnya.

Sulaiman Abda juga mengaku, sebelum menerima laporan dari Pemerintah Aceh Barat,  Bupati H T Alaidinsyah juga telah melayangkan surat kepada pihak perusahaan agar persoalan  lahan HGU bisa diselasikan, namun pihak perusahaan mengabaikannya.

“Kita akan memanggil kepala Dinas terkait ditingkat provinsi maupun pemerintah Aceh untuk membahas persoalan ini  dan juga meminta Gubernur Aceh turun langsung ke HGU milik perusahaan tersebut,” pungkasnya.(Red/Af)