PNPM Mandiri Kembangkan Program Selaras Di Meulaboh

oleh
PNPM Latih Warga Jadi Jurnalis
PNPM Mandiri Kembangkan Program Selaras Di Meulaboh
PNPM Mandiri Kembangkan Program Selaras Di Meulaboh

MEULABOH | DiliputNews.com – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri pusat, melakukan pengembangan Program Selaras di Meulaboh, Aceh Barat, Jumat (04/10).

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan  perempuan dalam pembangunan tiap Desa untuk wilayah  Perkotaan, PNPM Mandiri Pusat.

Koordinator PNPM Mandiri Perkotaan Aceh Barat, Teuku Masren mengatakan program tersebut bertujuan untuk pengarus utamaan Gender ditengah masyarakat, dengan membangun keterlibatan kaum perempuan secara Masif dalam penyusunan konsep program pembangunan ditingkat Desa.

“Tiga puluh persen kehadiran itu juga mereka pasif di forum, sehingga apa yang menjadi aspirasi mereka tidak terakomodir,” kata Teuku Masren.

Menurut dia, keterlibatan perempuan dalam kegiatan pembangunan masih lemah, seperti di Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, sebagai wilayah pendampingannya setiap diadakannya  musyawarah ditingkat Desa keterlibatan kaum perempuan masih 30 persen dalam musyawarah pembangunan Desa.

“Program selaras ini kita harapkan kaum perempuan terlibat lima puluh persen dan dapat mengambil peran mereka di forum sehingga aspirasi mereka tersalurkan dalam segala bidang  pembangunan ditingkat gampong,” pintanya.

Ia menambahkan, Program yang dilaksanakan di Aceh Barat nantinya akan bekerjasama dengan Kantor Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan Dan Anak atau KP3A Aceh Barat.

“Program untuk Aceh sendiri akan berjalan pada bulan Oktober ini, dengan kegiatan awal penguatan kelompok, dengan berbagai training, dan jika pilot Project ini nantinya berhasil di Aceh, maka tahun depan akan di berlakukan secara Nasional,” katanya menambahkan,” pungkasnya. (Red/Af)