Pangdam IM Minta Prajurit TNI Konsisten dan Konsekuen

oleh
Pangdam IM Minta Prajurit TNI Konsisten dan Konsekuen
Pangdam IM Minta Prajurit TNI Konsisten dan Konsekuen
Pangdam IM Minta Prajurit TNI Konsisten dan Konsekuen

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Sebagai Prajurit TNI para perwira harus konsisten dan konsekuen dalam menjalankan aturan yang berlaku di lingkungan TNI khususnya TNI AD.

Pernyataan tersebut disampaikan Pangdam IM Mayjen TNI Pandu Wibowo, SE, saat memberikan sambutan pada acara laporan korps kenaikan pangkat perwira di Balai Teuku Umar, Makodam IM Banda Aceh. Selasa (01/10).

Dikatakan Pandu Wibowo, hakekat kepangkatan dalam kehidupan militer merupakan perubahan status dalam bentuk simbol pangkat baru, yang mencerminkan adanya tuntutan perubahan berupa peningkatan tanggung jawab dan kualitas sumber daya manusia di setiap individu perwira, sesuai tugas dan jabatannya masing-masing.

Semakin tinggi pangkat berarti identik dengan semakin tinggi pula tanggung jawab, kemampuan dan semangat pengabdian bagi para perwira. Kenaikan pangkat juga merupakan wujud pengakuan dan penghargaan negara atas prestasi dan dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini oleh setiap individu prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai jabatan masing-masing.

“Oleh sebab itu, kenaikan pangkat ini bukanlah hal yang otomatis, melainkan hasil dari kinerja perwira itu sendiri,” ungkap Pandu Wibowo.

Pandu Wibowo juga meminta, bagi yang mendapatkan kenaikan pangkat, harus memiliki kewajiban moral untuk mempertanggungjawabkan kenaikan pangkat tersebut, kepada pimpinan dan institusi TNI maupun kepada bangsa dan negara.

“Kenaikan pangkat ini juga harus dimaknai sebagai bertambahnya amanah yang harus kita pertanggung jawabkan kepada Sang Pencipta di kemudian hari,” pintanya.

Dari data yang diperoleh diliputNews.com, sebanyak 105 perwira Kodam IM mendapat kepercayaan untuk dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi, diantaraya sebanyak 7 orang yang sebelumnya berpangkat Letkol dinaikkan menjadi Kolonel, sebanyak 13 orang yang sebelumnya berpangkat Mayor dinaikkan menjadi Letkol 13 orang.

Selanjutnya, 19 orang yang sebelumnya berpangkat Kapten dinaikkan menjadi Mayor dari 9 orang berpangkat Lettu dinaikkan menjadi Kapten 9 orang, serta 57 orang yang sebelumnya berpangkat Letda dinaikkan menjadi Lettu. .

Hadir pada acara tersebut Kasdam IM Brigjen TNI Purwadi Mukson, S.IP, Irdam, para Danrem, para Perwira Ahli, Danrindam, para Asisten, Lo AL, Lo AU, para Kabalak, dan para Dansat Jajaran Kodam IM. Selain itu, hadir juga Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK PD Iskandar Muda, serta perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS Kodam IM. (Red/Za/Ril).